sangat mudah dan sangat cepat, untuk membuat toko online atau webstore menggunakan CMS OpenCart bisa pada localhost ataupun hosting.

Cara Instal OpenCart sangat mudah dan sangat cepat, untuk membuat toko online atau webstore menggunakan CMS OpenCart bisa pada localhost ataupun hosting. Pada Tutorial OpenCart kali ini saya akan membahas tentang Cara Instal OpenCart Pada Localhost, bagi anda yang masih newbie sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu opencart, anda bisa membaca post artikelnya pada link berikut : OpenCart, Apa Itu OpenCart ?. Untuk platform webstore OpenCart yang saya instal adalah versi 1.5.4.1 update tanggal 18 Agustus 2012.

Panduan OpenCart : Cara Instal OpenCart

Cara Instal OpenCart Photo

Bagi anda yang belum memiliki file mentah aplikasi ini, anda harus mendownload terlebih dahulu melalui link berikut : Download OpenCart. Bagi anda yang sudah memiliki file mentahnya, anda bisa abaikan Langkah 1 ini. Setelah aplikasi sudah di download, selanjutnya anda tinggal menjalankan program localhost yang anda pakai, pada tutorial kali ini saya menggunakan XAMPP sebagai localhost. Bagi anda yang belum mengetahui tentang localhost anda bisa membacanya pada post artikel pada link berikut : Localhost dan Cara Membuat Localhost.

Extract file zip yang sudah anda download, setelah diextract menjadi folder dengan nama “opencart_v1.5.4.1″. Pada folder tersebut terdapat 1 folder “upload” yang berisi file mentah aplikasi opencart, semua file tersebut anda copy, kemudian anda buat folder baru pada folder xampp/htdocs dengan nama folder “opencart”, paste semua file yang sudah di copy ke dalam folder “opencart” (xampp\htdocs\opencart).

Cara Instal OpenCart Photo

Langkah 2 Tutorial OpenCart – Step 1 License

Langkah selanjutnya anda aktifkan program localhost atau XAMPP Localhost, kemudian buka browser dan ketik http://localhost/opencart. Pada browser akan muncul halaman “Step 1 – License” seperti yang ada pada gambar dibawah ini, anda klik untuk checklist “I agree to the license” dan klik “Continue” untuk melanjutkan.

Cara Instal OpenCart Photo

Langkah 3 Tutorial OpenCart – Step 2 Pre Installation

Selanjutnya, anda masuk ke halaman ” Step 2 – Pre-Installation”, dimana pada halaman ini berisi tabel konfigurasi sistem yang ada pada localhost, seperti sistem php, database, file dan direktori. Pastikan kalau konfigurasi sistem PHP dan MySQL semuanya memiliki status check yang berarti secara sistem aplikasi ini bisa di instal, selain itu juga untuk file dan directory berstatus “Writable”. Untuk selanjutnya anda klik “Continue” untuk melanjutkan, seperti gambar yang berada dibawah ini.

Apabila pada halaman ini untuk extension cURL tidak berstatus oke atau ceklist, berarti anda harus edit settingan php.ini pada localhost anda. Untuk mengeditnya, anda cari file yang bernama “php.ini” pada folder xampp\php. Kemudian buka file tersebut dengan notepad, cari tulisan “;extension=php_curl.dll” dengan cara tekan CLTR+F untuk Find kemudian anda paste pada pencarian. Selanjutnya anda hilangkan tanda titik koma (;) yang berada dibelakangnya, sehingga tertulis menjadi extension=php_curl.dll, dan save untuk menyimpan atau tekan CLTR + S. Selanjutnya anda restart program XAMPP Localhost, kemudian refresh browser untuk menampilkan halaman yang sama dengan status cURL tercek list dan lanjut klik “Continue” untuk melanjutkan.

Cara Instal OpenCart Photo

Langkah 4 Tutorial OpenCart – Step 3 Configuration

Setelah klik “Continue” anda akan masuk ke halaman “Step 3 – Configuration”, dimana pada halaman ini adalah konfigurasi untuk menghubungkan webstore dengan database. Buatlah database pada phpMyAdmin, buka browser anda kemudian ketik http://localhost/phpmyadmin/ untuk menampilkan halaman phpMyAdmin. Pada tutorial ini saya membuat database dengan nama “db_opencart”, untuk cara membuat databasenya penjelasannya sbb :[to_like id="1784"]

  • Ketik nama database “db_opencart” pada field “Create New Database”, kemudian klik button “Create” untuk melanjutkan.
  • Setelah klik “Create” selanjutnya akan muncul tulisan “Database db_opencart has been created.” yang artinya database db_opencart sudah berhasil dibuat.

Cara Instal OpenCart Photo

Setelah database berhasil dibuat, kembali ke proses instalasi halaman “Step 3 – Configuration” terdapat beberapa field yang harus diisi. Field tersebut berfungsi untuk menghubungkan antara database dengan webstore, setelah field diisi dengan data-data seperti yang ada dibawah selanjutnya anda tinggal klik “Continue” untuk melanjutkan. Data-data yang perlu diisi pada haalaman “Step 3 – Configuration berikut penjelasan dan gambarnya sebagai berikut :

  • Database Host : localhost (host database)
  • User : root (user untuk database)
  • Password : bisa dikosongkan/abaikan (password database)
  • Database Name : db_opencart (nama database)
  • Database Previx : bisa dikosongkan/abaikan (previx database)
  • Username : admin (username untuk website)
  • Password : admin (password untuk website)
  • Email : alamat email (alamat email untuk website)

Cara Instal OpenCart Photo

Langkah 5 Tutorial OpenCart – Step 4 Finished

Setelah klik “Continue” pada halaman sebelumnya, selanjutnya anda masuk ke halaman “Step 4 – Finished” yang berarti webstore dengan aplikasi CMS ini sudah berhasil terinstal. Pada halaman tersebut tertera tulisan peringatan “Don’t forget to delete your installation directory” yang berarti selanjutnya anda harus menghapus folder yang bernama “instal” pada xampp\htdocs\opencart.

Cara Instal OpenCart Photo

Setelah anda menghapus folder “instal”, selanjutnya anda bisa melihat webstore yang sudah berhasil di instal pada browser dengan alamat URL http://localhost/opencart atau anda bisa klik link “Go to your Online Shop” pada halaman “Step 4 – Finished”, sedangkan untuk masuk ke halaman admin untuk mengelola website anda bisa akses melalui alamat URL http://localhost/opencart/admin/ atau anda bisa klik link “Login to your Administration” pada halaman “Step 4 – Finished”.[/to_like]

Cara Instal OpenCart Photo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

21 Comments

  • Ternyata gak begitu ribet ya gan….kalo pake blogspot bisa kah?

  • hery 1 year ago

    saya baru belajar openchart dan menemukan situs anda ini, saya mengalami kesulitan dalam menginstal openchart di localhost (xampp) seperti yang anda contohkan, pada step 2 pre instalation pada extention curl tidak tercentang, dan saya berusaha edit file php.ini, tetapi saya bingung karena tidak mendapatkan dimana file ini berada, mohon bantuannya gan.

  • Tq infomasi nya

  • jaja 1 year ago

    salam sejatera eproduk, , saya menginstal openchart di localhost (xampp) seperti yang anda contohkan, pada step 2 pre instalation pada extention curl sudah tercentang,tapi saya mengalami kesulitan,ngimana cara merubah status missing ke writable, kedua files bawah ini
    C:xampphtdocsopencartupload/config.php Missing
    C:xampphtdocsopencartupload/admin/config.php Missing

    mohon bantuannya, terima kasih…………………..

  • aku ada masalah dalam proses
    Magic Quotes GPC: On Off Bad (-)
    cURL: Off On Bad (-)
    mCrypt: Off On Bad (-)
    ____________
    C:\xampp\htdocs\opencart/config.php Missing
    C:\xampp\htdocs\opencart/admin/config.php Missing
    harunya kan ceklist.. tapi knp kok negatif semua ya

    dimohon bantunannya tuk admin

  • Warning: CURL extension needs to be loaded for OpenCart to work!

    caranya bagaimana..sudah aku ikuti cara di atas tapi tetap blm berhasil. :(

  • mau tanya.
    di bagian pengisian database yang ini:
    Database Host : localhost (host database)
    User : root (user untuk database)
    Password : bisa dikosongkan/abaikan (password database)

    apakah itu default ya? kalo diubah apa boleh?
    kalo default seperti itu apakah aman?

    • kalo untuk localhost kosongkan aja, kalo di instal di hosting password tsb di isi sama dengan password saat buat database

  • terima kasih atas informasinya..

  • kok database ga bisa konek yah.. puyeng euy

    • Pastikan database di localhost tidak dipassword, kalau dipassword silahkan anda masukan password untuk database

  • Gan saya mendapatkan kesulitan di step 2..error muncul pesan ginian.. aku udah rename config.php itu tapi tetap aja.. gimana solusinya Gan.. thanks..
    Files Status
    C:\xampp\htdocs\Aroshop.Com/config.php Missing
    C:\xampp\htdocs\Aroshop.Com/admin/config.php Missing