Cara Instal Joomla Versi 3 atau biasa disebut Joomla 3 sangat mudah, untuk membuat website atau webstore dengan joomla bisa pada localhost ataupun hosting. Pada tutorial joomla kali ini, untuk platform CMS Joomla yang saya instal adalah versi 3.3. Bagi anda yang belum atau tentang CMS Joomla!, anda bisa membaca post artikelnya pada link berikut : Apa Itu Joomla.

  • Buka Website Joomla Pada Browser

    Langkah 1 adalah buka website Joomla! pada browser anda, kemudian klik button Download pada halaman utama.

    Langkah 1 Cara Instal Joomla 3
  • Download File Joomla 3 Versi Terbaru

    Langkah 2 adalah klik button Download Joomla 3 Full Pack ZIP. Pada Tutorial Joomla kali ini saya menggunakan versi Joomla! 3.3, seperti yang tertera pada gambar dibawah.

    Langkah 2 Cara Instal Joomla 3
  • Extract File ZIP dan Copy-Paste ke Localhost

    Langkah 3 adalah membuat folder baru dengan nama folder "joomla" pada localhost, jika anda menggunakan program XAMPP untuk localhost, anda buat folder "joomla" pada folder XAMPP/htdocs/ di computer anda. Kemudian anda extract file ZIP Joomla 3 yang sudah anda download pada folder "joomla" dan file ZIP bisa anda hapus setelah proses extract selesai.

    Langkah 3 Cara Instal Joomla 3
  • Aktifkan Program Localhost Pada Computer

    Langkah 4 adalah mengkaktifkan program localhost pada computer anda. Pada tutorial kali ini saya menggunakan program XAMPP untuk localhost. Bagi anda yang menggunakan XAMPP, anda bisa langsung klik Start Apache dan MySQL untuk mengaktifkan localhost.

    Langkah 4 Cara Instal Joomla 3
  • Buka PhpMyAdmin Localhost

    Langkah 5 adalah buka halaman PhpMyAdmin localhost pada browser, anda bisa mengaksesnya dengan mengetik http://localhost/phpmyadmin/. Untuk membuka halaman ini pastikan program localhost dalam keadaan aktif. Setelah halaman tersebut berhasil dibuka, klik menu Databases seperti yang tertera pada gambar dibawah.

    Langkah 5 Cara Instal Joomla 3
  • Membuat Database Untuk Joomla!

    Langkah 6 adalah membuat database untuk Joomla!, pada tutorial kali ini saya contohkan membuat database dengan nama database_joomla3. Kemudian klik button Create.

    Langkah 6 Cara Instal Joomla 3
  • Instal Website Joomla! Step 1

    Langkah 7 adalah instal website joomla pada browser, ketik http://localhost/joomla/ pada browser anda (contohnya ada pada gambar). Tahap pertama instal Joomla 3 adalah Website Configuration, pada halaman tersebut terdapat beberapa field yang harus anda isi dan anda bisa memilih bahasa sesuai dengan yang anda inginkan. Kemudian klik button Next untuk melanjutkan

    Langkah 7 Cara Instal Joomla 3
  • Instal Website Joomla! Step 2

    Langkah 8 adalah Instal Joomla Step 2 Database Configuration, yaitu menghubungkan website Joomla! yang ingin anda instal dengan database yang sudah anda buat. Ada beberapa field yang harus anda isi, anda bisa isi seperti yang ada pada gambar. Untuk username masukan "root", password dikosongkan, table prefix bisa diabaikan dan Old Database Process bisa pilih Backup atau Remove. Kemudian klik button Next untuk melanjutkan.

    Langkah 8 Cara Instal Joomla 3
  • Instal Website Joomla! Step 3

    Langkah 9 adalah Instal Joomla Step 3 Overview Finalisation, yaitu review sistem configuration yang sudah anda isi dari 2 step sebelumnya. Pada tahap ini anda bisa pilih instal sample data untuk website, anda bisa pilih salah satu (arahkan cursor pada pilihan untuk melihat detail instal). Kemudian klik Next untuk melanjutkan.

    Langkah 9 Cara Instal Joomla 3
  • Instal Process

    Langkah 10 adalah proses instalasi Joomla 3, anda bisa tunggu sampai proses selesai. Proses instal tidak lama, hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit. Bagi anda yang mengalami proses yang tidak selesai-selesai pada Creating Database Tables, anda bisa baca artikelnya melalui link berikut: Cara Mengatasi Masalah Saat Instal Joomla 3.

    Langkah 10 Cara Instal Joomla 3
  • Remove Installation Folder

    Langkah 11 adalah menghapus folder installation pada Joomla 3. Anda bisa klik button Remove Installation Folder atau anda bisa menghapusnya secara manual pada folder XAMPP/htdocs/joomla/, cari nama folder "installation" kemudian delete. Setelah folder installation berhasil di hapus, anda bisa klik button Site untuk melihat website Joomla! 3 yang sudah anda instal atau klik button Administrator untuk login ke halaman administrator.

    Langkah 11 Cara Instal Joomla 3
  • Login Administrator

    Langkah 12 adalah anda bisa login ke bagian administrator atau biasa disebut back-end. Untuk beberapa pengaturan dan cara-cara menggunakan administrator akan dibahas pada post artikel selanjutnya.

    Login Administrator Joomla 3
  • Instal Website Joomla! 3 Berhasil

    Setelah semua proses berhasil, anda bisa melihat website Joomla! 3 yang sudah berhasil anda instal. Untuk manualnya anda bisa ketik http://localhost/joomla/ pada browser, tetapi pastikan program localhost dalam keadaan aktif. Silahkan anda coba akses setiap halaman dari website tersebut.

    Halaman Utama Joomla 3

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*